Thursday 15 September 2011

Ibu jari Tangan Lelaki Ini Diganti Dengan Ibu jari Kaki


INILAH.COM, London – Seorang lelaki secara tak sengaja memotong ibujari tangannya. Kini ia mendapat ibujari tangan baru yang sebenarnya adalah ibujari kakinya sendiri. Seperti apa?

James Byrne (29) mengalami kesakitan luar biasa setelah ia melukai ibujari tangan kirinya Disember lalu saat menggergaji sepotong kayu.

Setelah upaya menyatukan kembali ibujarinya gagal, doktor bedah plastik Umraz Khan di Frenchay Hospital, Bristol, Inggris, mentransplantasi ibujari besar kaki kirinya ke tangannya.

Sebelumnya Byrne mengaku tak bisa efektif bekerja kerana ibujari tangannya hilang kerananya ia memutuskan melakukan operasi ini. Saat operasi, Khan memimpin dua pasukan bedah dan anestesi yang bekerja pada ibujari kaki dan tangan Byrne di waktu bersamaan.

Operasi pada 8 September lalu itu memakan waktu lapan jam. “Suatu hal yang jarang dilakukan dan operasi ini merupakan prosedur operasi mikro yang sangat rumit kerana berkait penyatuan kembali tulang, saraf, pembuluh darah, otot, ligament dan kulit kaki ke tangan,” paparnya.

Menurut Khan, Byrne akan belajar mengimbangkan kembali dirinya dan nantinya ia akan boleh berjalan dan berlari seperti biasa.

“Kehilangan ibujari kaki tak semelumpuhkan kehilangan ibujari tangan,” katanya seperti dikutipDailymail.

No comments:

Post a Comment