Sunday 25 September 2011

Misteri, Tubuh Penderita Diabetes Tiba-tiba Terbakar Tanpa Sebab


Meninggal kerana gagal ginjal atau serangan jantung adalah komplikasi yang sudah lazim pada penderita diabetes. Namun di Ireland, penderita diabetes meninggal kerana sebab yang aneh yakni tubuhnya mendadak terbakar secara misteri.


Michael Faherty, laki-laki 76 tahun dari Galway, Ireland baru-baru ini ditemukan tak bernyawa di rumahnya sendiri. Datuk penderita diabetes tipe 2 ini diketahui memang memiliki komplikasi tekanan darah tinggi, namun dipastikan tidak meninggal kerana serangan jantung.

Dilihat dari keadaannya yang hangus dan nyaris menjadi abu, dipastikan Faherty meninggal kerana terbakar. Anehnya, petugas forensik tidak menemukan tanda-tanda bekas minyak tanah atau bahan bakar lain sehingga dugaan bunuh diri dapat diabaikan.

Keanehan lain yang dijumpai petugas forensik adalah, tidak ada kerosakan pada benda lain di rumah Faherty. Selain tubuhnya yang hangus nyaris menjadi abu, hanya lantai dan langit-langit di sekitar lokasi jasadnya ditemukan saja yang tampak agak gelap.

Ketus pasukan forensik yang memeriksa kes ini, Dr Kieran McLoughlin memastikan Faherty meninggal akibat keadaan medis yang disebut Spontaneous Human Combustion (SHC). Keadaan yang diperkirakan baru pertama kali ditemukan di Ireland ni menyebabkan tubuh seseorang terbakar tiba-tiba.

"Peristiwa ini sudah diselidiki secara menyeluruh dan saya simpulkan ini adalah SHC, sebuah fenomena yang hingga kini belum boleh dijelaskan dengan cukup memadai," ungkap Dr McLoughlin seperti dikutip dari The Irish Independent.

Api yang muncul pada SHC muncul secara spontan akibat reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh, tanpa melibatkan panas eksternal dari lingkungan. Sama halnya dengan kes Faherty, pasukan forensik juga tidak menemukan benda-benda yang sekiranya boleh menyulut api misalnya mancis api mahupun peralatan elektrik.

Meski sebenarnya sangat langka, ke SHC tercatat sudah terjadi ratusan kali di seluruh dunia dalam 300 tahun terakhir. Hanya saja tidak semuanya benar-benar diteliti oleh para ahli, sehingga ada juga yang hanya berupa cerita-cerita yang dilebih-lebihkan.

Seperti diberitakan detikHealth sebelumnya, terdapat beberapa fakta yang terkait dengan kes SHC yakni:

1. Sebanyak 80 peratus orban SHC adalah kaum perempuan.

2. Kebanyakan korban mengalami kelebihan berat badan atau ketagih alkohol.

3. Tubuh korban akan sangat hangus, tapi ruangan di sekitar mayat korban masih cukup utuh.

4. Tubuh korban akan menguning dan biasaya di sekitar korban timbul bau minyak busuk.

5. Batang tubuh termasuk dada, perut dan pinggul bisa benar-benar terbakar, tapi bagian dari kaki atau pakaian boleh jadi masih utuh.

6. Pembakaran hanya terjadi pada korban sendiri tanpa adanya teriakan atau jeritan yang pernah terdengar.

7. Biasanya korban banyak minum sebelum meninggal.

Sumber :
detikhealth.com

No comments:

Post a Comment